TERMS AND CONDITIONS
Syarat dan Ketentuan
Syarat dan Ketentuan ini mengatur penggunaan platform dan transaksi di dalamnya. Dengan mengakses SDS Online, Anda setuju untuk tunduk kepada Syarat dan Ketentuan di bawah ini, termasuk setiap perubahannya yang mungkin ada dari waktu ke waktu dan tersedia di halaman ini.
I. Definisi
Kecuali konteksnya menentukan lain, istilah-istilah di bawah ini memiliki arti sebagai berikut:
- “Hari Kerja” berarti hari di mana bank umum terbuka untuk bisnis di wilayah negara Republik Indonesia, kecuali hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.
- “Kekayaan Intelektual” berarti semua hak cipta, paten, inovasi utilitas, merek dagang dan merek layanan, indikasi geografis, nama domain, hak desain tata letak, desain terdaftar, hak desain, hak database, nama dagang atau bisnis, hak melindungi rahasia dagang dan rahasia informasi, hak melindungi goodwill dan reputasi, dan semua hak kepemilikan yang sama atau terkait lainnya dan semua aplikasi yang sama, baik saat ada atau dibuat di masa depan, di mana saja di dunia, apakah terdaftar atau tidak, dan semua manfaat, hak istimewa, hak untuk menuntut, memulihkan kerusakan dan mendapatkan bantuan atau solusi lainnya untuk setiap masa lalu, pelanggaran saat ini atau masa depan, penyalahgunaan atau pelanggaran hak-hak tersebut di atas.
- “Kontrak” berarti sebagaimana didefinisikan di Poin II.3.
- “Pelanggan” berarti pengguna Platform dan/ atau pembeli yang bertransaksi melalui Platform.
- “Pesanan” berarti setiap pesanan yang Pelanggan buat atas Produk sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
- “Platform” berarti situs web SDS Online yang dioperasikan dan dimiliki oleh PT Surya Digital Samantha di alamat www.sdsonline.co.id.
- “Produk” berarti produk dan/ atau barang yang ditampilkan melalui Platform dan dapat menjadi obyek transaksi pembelian berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.
- “SDS Online” merujuk kepada PT Surya Digital Samantha.
II. Transaksi Pembelian
- Pelanggan patuh terhadap setiap pedoman, instruksi, dan/ atau pemberitahuan yang berkaitan dengan pembelian Produk. Pelanggan terikat dengan setiap perubahan atas pedoman, instruksi, dan/ atau pemberitahuan tersebut setelah dipublikasikan melalui Platform.
- SDS Online selalu berupaya memberikan gambaran yang akurat atas Produk, namun SDS Online tidak menjamin bahwa gambaran tersebut akurat, terkini, atau bebas dari kesalahan. Dalam hal Produk yang Pelanggan terima secara fundamental berbeda dengan gambaran Produk, maka berlaku Poin V tentang Pengembalian/ Penggantian.
- Pelanggan bertanggung jawab atas akurasi dari Pesanan. Pesanan yang sudah melalui transmisi diterima oleh SDS Online tidak dapat ditarik kembali (untuk selanjutnya disebut sebagai “Kontrak”). Namun, dalam keadaan tertentu sebagaimana tercantum dalam Poin VII, Pelanggan dapat meminta pembatalan atau pengubahan Pesanan, di mana SDS Online akan berupaya penuh untuk mengakomodasi. Terlepas dari hal itu, tidak ada satu ketentuan pun yang mewajibkan SDS Online untuk memenuhi permintaan tersebut.
- Berdasarkan kebijakannya sendiri, SDS Online memiliki hak penuh untuk menerima atau menolak Pesanan. Oleh karena itu, jika SDS Online menolak suatu pesanan, maka SDS Online dibebaskan dari segala bentuk kerugian yang mungkin terbit sebagai dampaknya.
- SDS Online tidak bertanggung jawab untuk kerugian yang mungkin timbul bagi Pelanggan atas setiap transaksi yang terjadi di luar Kontrak.
- Dalam hal terjadi ketidaktersediaan Produk atau kesalahan pencantuman harga Produk, maka SDS Online berhak untuk mengakhiri Kontrak secara sepihak, terlepas dari kemungkinan bahwa Produk sedang dalam proses pengiriman dan/ atau Pelanggan telah melakukan pembayaran, di mana SDS Online akan memberitahu Pelanggan mengenai pengakhiran tersebut. Atas pengakhiran Kontrak, di mana Pelanggan telah melakukan pembayaran, SDS Online akan mengembalikan uang pembayaran tersebut kepada Pelanggan.
- Garansi atas Produk, jika ada, adalah sebagaimana yang ditampilkan di Platform (untuk selanjutnya disebut sebagai “Garansi”) dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Garansi tersebut.
- Tidak ada satu ketentuan pun yang melahirkan tanggung jawab bagi SDS Online atas cacat dan/ atau kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan yang tidak tepat, pemasangan yang salah baik oleh Pelanggan mapun pihak lain, keausan yang wajar, kelalaian, kerusakan yang disengaja, kelalaian Pelanggan dalam mengikuti petunjuk SDS Online dan/ atau petunjuk yang terdapat dalam manual Produk, atau perubahan/ perbaikan Produk tanpa persetujuan pusat layanan resmi Produk.
- SDS Online tidak bertanggung jawab atas Garansi jika Pelanggan belum membayar penuh harga Produk.
III. Harga dan Pembayaran
- Pelanggan wajib melakukan pembayaran sesuai dengan yang tercantum di dalam Kontrak.
- Semua harga tunduk pada peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia, kecuali dinyatakan lain.
- Pelanggan dapat memilih metode pembayaran sebagaimana yang terdapat di Platform.
- Biaya yang dikenakan oleh bank dan/ atau penyedia sistem pembayaran sehubungan dengan proses pembayaran harga merupakan tanggung jawab Pelanggan.
IV. Pengiriman
- Produk akan dikirim ke alamat yang disediakan oleh Pelanggan di dalam Kontrak, kecuali disepakati berbeda.
- Biaya pengepakan dan pengiriman adalah sebagaimana tercantum di dalam Kontrak.
- SDS Online tidak bertanggung jawab atas kegagalan Pelanggan dalam menerima Produk yang diakibatkan oleh kesalahan dan/ atau kelalaian Pelanggan. Dalam hal tersebut, SDS Online memiliki hak penuh untuk mengirim ulang Produk atau mengakhiri Kontrak. Atas pengakhiran Kontrak, di mana Pelanggan telah melakukan pembayaran, SDS Online akan mengembalikan uang pembayaran tersebut kepada Pelanggan.
- Pelanggan dapat melacak status pengiriman dengan menghubungi nomor yang tercantum pada menu “Track Your Order” di laman utama Platform.
- Jangka waktu pengiriman Produk kepada Pelanggan dapat dipengaruhi oleh ketersediaan Produk dan kondisi pengiriman yang wajar. Oleh karena itu, Pelanggan mengakui bahwa jangka waktu pengiriman yang tercantum pada Platform, jika ada, hanya merupakan perkiraan, dan SDS Online tidak bertanggung jawab untuk keterlambatan pengiriman.
- Jika Pelanggan, dalam jangka waktu sebagaimana disediakan oleh Platform, tidak kunjung menerima Produk, maka Pelanggan, dalam waktu paling lambat 3 (tiga) hari setelah tanggal pengiriman, akan menyampaikan hal tersebut kepada SDS Online. SDS akan menggunakan upaya terbaiknya untuk menyampaikan Produk ke Pelanggan. Jika Pelanggan tidak menyampaikan kepada SDS Online pemberitahuan tersebut, maka Pelanggan dianggap telah menerima Produk dengan baik.
V. Pengembalian/ Penggantian
- Pelanggan dapat mengembalikan Produk kepada SDS Online jika:
- Produk yang Pelanggan terima secara fundamental berbeda dengan gambaran Produk.
- Produk yang Pelanggan terima rusak bukan karena kesalahan Pelanggan.
- Pengembalian Produk, lengkap dengan kemasan, komponen, dan seluruh isinya, harus diterima oleh SDS Online paling lambat 14 (empat belas) hari sejak tanggal pengiriman Produk oleh SDS Online kepada Pelanggan, dengan biaya pengembalian ditanggung oleh Pelanggan.
- SDS Online akan mengganti Produk yang telah dikembalikan dengan Produk serupa, bergantung kepada ketersediaan. Jika Produk serupa tidak tersedia, maka SDS Online, dengan kebijakannya sendiri, dapat memilih untuk mengakhiri Kontrak dan mengembalikan uang pembayaran atas Produk kepada Pelanggan.
VI. Pusat Kontak
SDS Online dapat dihubungi melalui Platform pada menu “HUBUNGI KAMI”.
VII. Pembatalan
- Selama SDS Online belum melakukan proses pengiriman Produk, Pelanggan dapat membatalkan Kontrak dengan mengisi formulir di Platform atau menghubungi nomor yang tercantum pada menu “Contact Us”. Jika Produk telah dikirim oleh SDS Online, maka Pelanggan tidak dapat membatalkan Kontrak, melainkan dapat mengembalikan Produk berdasarkan ketentuan di Poin V tentang Pengembalian/ Penggantian.
- Sewaktu-waktu, SDS Online dapat menghentikan proses pengiriman Produk, menangguhkan Produk, dan/ atau mengakhiri Kontrak dengan efek segera, dengan memberitahukan secara tertulis kepada Pelanggan, jika terjadi salah satu dari peristiwa berikut:
- Produk tidak tersedia.
- Pelanggan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
- Pelanggan dinyatakan pailit oleh pengadilan atau instansi yang berwenang.
- Pelanggan dicurigai telah melakukan fraud atau kecurangan dalam bentuk apapun.
- Pelanggan dan SDS sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 KUHPerdata, sehingga pengakhiran Kontrak tidak memerlukan putusan pengadilan untuk dapat segera dilaksanakan.
VIII. Resiko
- Resiko atas Produk menjadi tanggung jawab Pelanggan saat pengiriman Produk atau jika Pelanggan lalai dalam menerima Produk yang telah sampai di alamat sesuai dengan yang tertera pada Kontrak.
- Pelanggan tidak berhak untuk mengalihkan, melepaskan, menjaminkan, dan/ atau membebankan Produk yang belum dilunasi oleh Pelanggan. Bentuk pelanggaran terhadap ketentuan ini secara otomatis melahirkan hak bagi SDS Online untuk segera menagih seluruh sisa kewajiban pelunasan atas Produk kepada Pelanggan.
- Pelanggan membebaskan SDS Online dan semua karyawannya atas kerusakan, kerugian, biaya, beban, dan biaya hukum yang dikeluarkan Pelanggan sehubungan dengan pernyataan dan pelaksanaan hak-hak SDS Online berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.
IX. Masukan Pelanggan
Dalam menggunakan setiap fitur dan/ atau layanan yang ada di Platform, Pelanggan dilarang untuk memberikan masukan, baik dalam bentuk review, komentar, maupun bentuk lainnya, yang mengandung unsur pelecehan terhadap SDS Online atau pihak lain dalam masyarakat umum, dan atau mengandung unsur yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku di wilayah negara Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada pornografi, perjudian, pencemaran nama baik, penipuan, kebencian (baik yang berlatar isu Suku Agama Ras dan Antargolongan atau tidak), kekerasan, pelanggaran kekayaan intelektual, terorisme, pelanggaran keamanan informasi.